UAT ( Partai Final Pengujian SPAN )


Dua ribu tiga belas menjadi tahun penuh ujian bagi SPAN. Setelah akhir maret lalu merampungkan pengujian integrasi sistemnya, kini SPAN melangkah ke partai final pengujian, UAT SPAN. Melalui tahapan ini, seluruh fungsionalitas yang dijanjikan oleh pengembang dalam hal ini LG-CNS, akan diuji oleh para calon penggunanya untuk memastikan sistem dapat berjalan dengan baik.
Rangkaian kegiatan yang dilalui sebelum proses pengujian tersebut, antara lain Kick-Off, training, familiarisasi kepada para peserta UAT , dan UAT itu sendiri. "Khusus untuk hari ini, kita berkumpul bersama-sama mengantarkan SPAN memasuki tahapn akhir pengembangannya, yaitu User Acceptance Test (UAT)," ungkap Agus Suprijanto, Dirjen Perbendaharaan saat membuka acara Kick-Off UAT SPAN, akhir Maret lalu. Acara Kick-OFF yang dirangkai dengan training UAT dihadiri oleh jajaran pimpinan lingkup Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan serta para anggota Tim UAT.
Training UAT diberikan kepada para tester UAT, sebagai bekal pemahaman proses bisnis serta pelatihan menjalankan aplikasi SPAN, agar dapat melakukan testing/ujicoba aplikasi sesuai skenario telah ditetapkan. Peserta bukan hanya berasal dari tiga unit pengawal SPAN (DJPb, DJA, Pusintek). Eselon I lain lingkup Kementerian Keuangan (DJPK,DJKN, DJPU) sebagai pengelola BA 999 pun secara langsung ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.
Tak cukup hanya dibekali tarining, para peserta juga diberikan familiarisasi aplikasi SPAN sebelum mengikuti UAT. Yang membedakan dengan training adalah skenario dan lokasi yang langsung diadakan di ruang UAT. Suharman, Kasubdit PBD DTI Dit.Sistem Perbendaharaan selaku Ketua Tim UAT merupakan tahapan yang sangat penting sehingga segala sesuatunya harus disiapkan secara matang.
Hal primer yang harus disiapkan sebagai dasar pengujian aplikasi pada saat UAT adalah skenario testing dari Standard COTS Function dan Application Fubctional Design (AFD) yang telah disepakati antara LG-CNS dengan Kementerian Keuangan. SOP, yang akan dijadikan panduan bagi para tester agar UAT berjalan sesuai rule dan skenario juga harus tersedia. Setelah proses pengujian, untuk menilai hasil pengujian telah atau belum sesuai dengan requirement proses bisnis, perlu ditetapkan defect management sebagai acuan dalam mengatur tat kelola atas defect-defect yang terjadi beserta tindak lanjut penanganannya .
Pelatih, pemain, arena, dan seluruh atribut telah disiapkan dengan matang. harapan kita semua, dalam memasuki partai final ini, SPAN dapat memenangkan seluruh ujian. Keberhasilan UAT SPAN bukan hanya ditentukan oleh para pemain yang handal, namun dukungan yang kuat dari seluruh supporter jajaran Ditjen Perbendaharaan yang ada di luar arena akan mampu menggelorakan semangat para pemain untuk mencapai kemenangan bersama.(zhandra

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll


About